Judul Analisis Jurnal CSR: UPAYA MEMAHAMI ALASAN DIBALIK
PENGUNGKAPAN CSR BIDANG PENDIDIKAN
Dikutip : Dea Cendani
Naraduhita, Tjiptohadi Sawarjuwono ,
Universitas Airlangga
Edisi :
Volume 8/No. 2/Mei 2012: 95-189
PP/Page :
95-108
Judul Jurnal :
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: UPAYA MEMAHAMI ALASAN DIBALIK
PENGUNGKAPAN CSR BIDANG PENDIDIKAN
Analisis :
CSR dalam suatu konsep 4P, yaitu suatu bentuk kepedulian perusahaan yang
menyisihkan sebagian keuntungannya (profit) bagi kepentingan pembangunan manusia
(people) dan lingkungan (planet) secara berkelanjutan berdasarkan prosedur (procedure)
yang tepat dan profesional. Konsep people merujuk pada konsep social development
dan human rights yang menyangkut kesejahteraan ekonomi dan kesejahteraan social
masyarakat. Beberapa bentuk pelaksaan konsep ini diantaranya: pelatihan
keterampilan kerja, pemberian jaminan sosial, penguatan aksesibilitas masyarakat
terhadap pelayanan pendididikan, penguatan kapasitas lembaga-lembaga sosial,
kesehatan dan kearifan local Bidang pendidikan merupakan salah satu pilihan
programPendidikan mempunyai peranan dalam meningkatkan kualitas manusia sebagai
sumber daya pembangunan. Menurut The World Bank Institute, satu komponen utama
CSR adalah pengembangan kepemimpinan dan pendidikan. Pendidikan merupakan salah
satu kunci pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan yang berpihak kepada kelompok miskin, maka dunia bisnis
sudah semestinya memberikan kontribusi dalam menyediakan akses pendidikan
berkualitas. Bahkan, perusahaan pun dapat memberikan dampak yang kritis
terhadap proses pemberdayaan melalui peningkatan standar pengembangan
kepemimpinan dan pendidikan dalam perusahaan. Oleh karena itu, kemajuan dunia
pendidikan memang tidak dapat berjalan sendiri, sehingga diperlukan adanya suatu
kerja sama dan sinergi antara perusahaan, dan pemerintah, yang dikemas melalui program
CSR CSR yang sering mendapatkan perhatian perusahaan.
Manfaat langsung
yang akan dirasakan perusahaan adalah mendapatkan tenaga kerja terdidik dan
sumber daya manusia yang handal. Perusahaan menyadari bahwa adanya CSR
bermanfaat bagi meningkatnya reputasi perusahaan di mata publik, sebaik
reputasi dalam komunitas bisnisnya sehingga dapat menarik modal dari rekan
bisnis perdagangan yang baru Dengan
memberikan dukungan dan menjadi sponsorship terhadap acara dan program
pendidikan dapat menjadi tiket dan investasi bagi perusahaan menuju peluang
yang lebih besar. Termasuk dalamnya memupuk loyalitas konsumen dan menembus
pangsa pasar baru
Metode :
Mempunyai keterbatasan akses untuk melakukan dialog langsung dengan para
pembuat kebijakan dalam perusahaan serta untuk mengikuti proses penyajian
laporan CSR dalam laporan keuangan. Hal yang dapat dilakukan terbatas pada
tersedianya dokumen yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Oleh karenanya,
penelitian ini mengharuskan peneliti melakukan penelusuran balik dan pemahaman
terhadap proses terbitnya sebuah dokumen (artifact), dalam hal ini adalah
annual dan sustainability reports. Untuk melakukannya, peneliti menggali
berbagai informasi yang relevan dengan laporan keuangan maupun berbagai
informasi terkait dengan kegiatan CSR perusahaan. Untuk itu peneliti akan
mengungkap, antara lain :
1. Laporan Tahunan yang diperoleh
dari www.idx.co.id dan ada pula yang diperoleh dari website resmi milik
perusahaan;
2. Laporan Keberlanjutan yang
diperoleh dari website resmi perusahaan;
3. Berita pers atau
artikel-artikel, baik yang berupa cetak seperti koran atau majalah ekonomi,
maupun yang dirilis oleh media berita online. Adapula berita pers yang dirilis
oleh perusahaan dan ditampilkan dalam website mereka.
4, Buku-buku dan berbagai jurnal
akademis terkait; dan
5. Blog-blog yang bisa diakses
dengan memanfaatkan jaringan internet. Secara keseluruhan, penelitian ini lebih
banyak menggunakan data yang diperoleh secara online, karena ketersediaan data
yang lebih luas dibandingkan data yang dapat diperolehan dari media cetak.
Kesimpulan : Dari sepuluh
perusahaan di atas, semuanya telah memasukkan laporan mengenai CSR ke dalam
Laporan Tahunan perusahaan. Namun, untuk Laporan Keberlanjutan, baru ditemukan
tiga perusahaan yang membuatnya yaitu PT Tambang Batu Bara Bukit Asam, PT Telekomunikasi
Indonesia, serta PT Unilever Indonesia. sepertinya perusahaan melaksanakan CSR
dengan tujuan meningkatkan corporate image yang baik di masyarakat, supaya
perusahaan dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu, juga untuk membina
hubungan yang baik dengan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah
operasi perusahaan, tujuannya adalah supaya proses bisnis perusahaan dapat
berjalan dengan lancar karena mendapat dukungan dari masyarakat. Namun, tidak
menutup kemungkinan adanya perusahaan yang benar-benar menyadari arti CSR yang
sesungguhnya. Maka dengan demikian perusahaan akan secara sukarela menerapkan
hal tersebut di perusahaan mereka, tanpa adanya
tertentu demi kepentingan perusahaan semata.
DAFTAR PUSTAKA
Anggraini, Fr.
Reni Retno. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan
(Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek
Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.
Alexander,
Carter. 1934. Library Methods in Educational Research. Review of Educational
Research, Vol. 4, No. 1, p, 92-96.
Annual Report.
2008. PT Adaro Energy Tbk., (online), (http://www.adaroenergy.co.id, diakses 15
Desember 2009).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar